Target Pemerintah : Gaji PNS Setara Gaji Pegawai BUMN/ BUMD

Kenaikan gaji PNS, TNI/Polri dan pensiunan menjadi perhatian serius pemerintah. Ini tergambar dari arah kebijakan belanja pemerintah pusat tahun 2011 yang disetujui dalam rapat paripurna DPR RI yang berlangsung di Senayan, Kamis (17/6).
Ketua Badan Anggaran (Banggar) Harry Azhar Aziz menyampaikan arah kebijakan belanja negara tersebut, yakni meliputi belanja pemerintah pusat yang difokuskan pada perbaikan kesejahteraan aparatur negara dan pensiunan, pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi, subsidi, BOS, Jamkesmas, dan PNPM mandiri.

Menurut Harry, perbaikan kesejahteraan aparatur negara dan pensiunan dilakukan pemerintah melalui kenaikan gaji pokok PNS/TNI/Polri dan pensiun pokok sebesar 10 persen. Di samping pemberian gaji ke-13 bagi PNS/TNI/Polri, pensiun pokok ke-13 bagi pensiunan, dan penyediaan anggaran remunerasi untuk kementerian/lembaga.

“Banggar meminta agar anggaran belanja pusat ini diprioritaskan untuk perbaikan aparatur negara dan pensiunan,” tegas Harry.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Banggar, Olly Dondokambey, mengatakan, kenaikan gaji ini hanya berlaku untuk PNS/TNI/Polri dan tidak berlaku bagi pegawai BUMN/BUMD. Dengan perbaikan kesejahteraan yang berkelanjutan, diharapkan kesenjangan antara aparatur negara dan pegawai BUMN/BUMD bisa diminimalisir.

“Kita sudah tahu sendiri, gaji pegawai BUMN/BUMD jauh lebih tinggi dibanding pegawai negeri. Makanya, tiap tahun gaji mereka diupayakan naik,” pungkasnya.(esy/jpnn/muh) ref: riaupos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>